Grobogan,Indonesia pakmuklis282@gmail.com 081-289-732-xxx skypeid

Pertanian perkebunan Holtlkultura

Sabtu, 07 April 2012

cara menanam jahe

Cara menanam jahe atau budidaya tanaman jahe sangat menggiurkan hasilnya, cara menanam jahe yang benar adalah ?? ada kiat atau tehnik tersendiri yang jelas cara menanam jahe sangat berbeda dengan cara menanam jagung.
yang jelas jahe bisa tumbuh di ketinggian 300 s/d 900 m dpl, jahe tumbuh dengan intensitas pencahayaan matahari 70 - 100% dan lebih oktimal ternaungi oleh pohon besar, intinya bisa tumbuh di bawah pepohonan, jahe termasuk sub tanaman dari lahan yang sudah di proyek untuk hutan rakyat.
drainase tanah baik, tekstur tanah lempung sampai lempung liat berpasir, pH tanah 6,8 – 7,4. Pada lahan dengan pH rendah dapat diberikan kapur pertanian (kaptan) 1 - 3 ton/ha atau dolomit 0,5 - 2 ton/ha untuk meningkatkan pH tanah.setelah sudah mengenal lahan untuk media tanam jahe ,selanjutnya cara memilih bibit jahe yang betul yaitu:
http://alampanorama.blogspot.co.id/2012/04/cara-menanam-sayuran-organik.html
  1. pilihlah bakal benih jahe yang mempunyai 2-3 bakal tunas.
  2. sebelum di tanam sebaiknya calon bibit jahe di semaikan di atas hamparan jerami atau alang-alang tipis
dan sebaiknya di bawah pohon atau di dalam gudang pokoknya cari tempat yang teduh dan jangan di tumpuk sebaiknya buatkan rak - rak yang terbuat dari kayu atau bambu sebagai tatakan atau alasnya.

    3. lakukan penyiraman sesuai kebutuhan agar supaya bibit jahe tadi terjaga kelembabannya,setelah tumbuh seragam tunasnya 1-2 cm siap untuk di tanam di lahan yang sudah di siapkan. Begitulah cara menanam jahe yang simpel ini  semoga bermanfaat cara menanam jahe yang lebih detail bisa anda sekalian tanyakan kepada dinas terkait. insya Allah masalah penyakit akan kami sheer di postingan berikutnya.



0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent Posts