Cara membuat pupuk kompos

Cara membuat pupuk kompos program ini sangat bermanfaat bagi petani karena dapat menghemat biaya produksi pertanian. Cara membuat pupuk kompos ini memang sengaja kami sheer untuk anda semua warga petani cara mudah membuat pupuk kompos.cara membuat pupuk kompos berbahan dasar kotoran ternak memang sangat mudah karena di samping bahan dasarnya mudah kita dapatkan dan juga biaya yang di keluarkan sangat sedikit.
Mennyikapi kelangkaan pupuk dan melambungnya harga pupuk kimiawi membuat para petani harus jeli dan berfikir cari cara untuk memperkecil biasa produksi pertanianya.Memanfaatkan limbah kotoran ternak salah satu alternatif untuk mengatasi itu semua.Pemanfaatan kotoran ternak sebagai pupuk sudah dilakukan para petani khususnya sentra pertanian produksi sayuran.
Cara membuat pupuk organik
1. proses 
Prinsip yang digunakan dalam pembuatan kompos adalah proses pengubahan limbah organik menjadi pupuk organik melalui aktivitas biologis pada kondisi yang terkontrol. Bahan yang diperlukan adalah kotoran sapi : 80 – 83%, serbuk gergaji (bisa sekam, jerami padi dll) : 5%, bahan pemacu mikroorganisame : 0.25%, abu sekam : 10% dan kapur : 2%, dan juga boleh menggunakan bahan-bahan yang lain asalkan kotoran sapi minimal 40%, serta kotoran ayam 25 % itulah proses cara membuat pupuk kompos dengan bahan dasar kotoran ternak.
2. Proses selanjutnya
Cara membuat pupuk kompos
Tempat pembuatan adalah sebidang  tanah dan dibagi menjadi 4 bagian (lokasi 1, 2, 3, 4) sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan dan tempat tersebut ternaungi agar pupuk tidak terkena sinar matahari dan air hujan secara langsung. Proses pembuatannya adalah pertama kotoran sapi (fases dan urine) diambil dari kandang dan ditiriskan selama satu minggu untuk mendapatkan kadar air mencapai kurang lebih 60%, kemudian kotoran sapi yang sudah ditiriskan tersebut dipindahkan ke lokasi 1 tempat pembuatan kompos dan diberi serbuk gergaji atau bahan yang sejenis seperti sekam, jerami padi dll, serta abu, kapur dan stardec sesuai dosis, selanjutnya seluruh bahan campuran diaduk secara merata. Setelah satu minggu di lokasi 1, tumpukan dipindahkan ke lokasi 2 dengan cara diaduk/dibalik secara merata untuk menambah suplai oksigen dan meningkatkan homogenitas bahan. Pada tahap ini diharapkan terjadi peningkatan suhu hingga mencapai 70 derajat celcius untuk mematikan pertumbuhan biji gulma sehingga kompos yang dihasilkan dapat bebas dari biji gulma. Cara membuat pupuk kompos berbahan dasar kotoran ternak semoga bermanfaat terima kasih.

2 komentar:

Moh. Albab said...

saya mau tanya kalau membuat ompos dari kotoran ayam bagaimana caranya?????????

andi sukses said...

mantap

Post a Comment

Free Website templatesFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesSEO Web Design AgencyMusic Videos OnlineFree Wordpress Themes Templatesfreethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree Web Templates