Grobogan,Indonesia pakmuklis282@gmail.com 081-289-732-xxx skypeid

Pertanian perkebunan Holtlkultura

Sabtu, 07 April 2012

Cara Tanam Bawang Merah

Cara tanam bawang merah di dataran tinggi tidak jauh beda dengan cara tanam bawang merah di dataran rendah,mungkin perbedaanya hanya bibit/ benihnya yang di anjurkan oleh DEPTAN.cara tanam bawang merah  sebetulnya sangat mudah asalkan ada kesungguhan niat.
Cara memilih bibit yang bagus ada aturanya?? adapun cara atau aturan dalam memilih bibit yang bagus ikuti informasi kami ini ??
1. Pemilihan BibitBibit bawang merah dipilih yang sehat : ( a ) warna mengkilat (b) tidak keropos kulit tidak ada luka dan di simpan kurang lebih 2-3 bulan setelah panen. 
kali ini kami coba sheeer tentang cara tanam bawang merah .di dataran tinggi, adapun untuk pengelolaan tanahnya.
( c ). Pada Lahan kering Tanah dicangkul atau dibajak sedalam 20 cm sampai gembur.Dibuat bedengan dengan lebar 1.20 m dan tinggi 25 cm.masalah lebar bedengan bisa berfariasi menurut kondisi tanah atau lebar lahanya.Jarak tanam bawang merah pada musim kemarau 15x15 cm atau 15x20 cm, sedang pada musim hujan 15x20 cm atau 20x20 cm. Jika pH tanah kurang dari 5.6, dilakukan pengapuran dengan menggunakan Kaptan atau Dolomit minimal 2 minggu sebelum tanam dengan dosis 1-1.5 ton/ha. ( d.)Pemupukan Pupuk dasar diberikan 1 minggu sebelum tanam yaitu 15-20 ton.ha pupuk kandang atau 5-10 ton/ha kompos matang ditambah 200 kg/ha TSP. Pupuk disebar dan diaduk rata sedalam lapisan olah.  simpan bibit yang akan ditanam kurang dari 2 bulan, dilakukan (pemotongan ujung umbi) kurang lebih 0.5 cm untuk memecahkan masa dormansi dan mempercepat pertumbuhan tunas tanaman. Kemudian umbi bibit ditanam dengan cara membenamkan seluruh bagian umbi. Penyiraman dilakukan sesuai dengan umur tanaman : - umur 0-10 hari, 2 x/hari (pagi dan sore hari) - umur 11-35 hari, 1 x/hari (pagi hari) - umur 36-50 hari,1 x/hari (pagi atau sore hari) Pemupukan susulan dilakukan pada umur 10-15 hari dan umur 30-35 hari setelah tanam. Jenis dan dosis pupuk yang diberikan adalah : Urea 75-100 kg/ha, ZA 150-250 kg/ha, Kcl 75-100 kg/ha. Pupuk diaduk rata dan diberikan di sepanjang garitan tanaman.
Penyiangan minimal dilakukan dua kali/musim, yaitu menjelang dilakukannya pemupukan susulan.
demikian informasi tentang cara tanam bawang merah di dataran tinggi masalah OPT ( Organisme Pengganggu Tumbuhan) akan kami informasikan pada postingan berikutnya.... terima kasih telah baca cara tanam bawang merah semoga ber manfaat. dan jangan lupa anda bisa check harga hasil pertanian dari deptan demikian cara sederhana cara tanam bawang merah.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent Posts